Pengertian sesajen menurut pendapat saya dalam agama islam

Pengertian sesajen
Sesajen berarti sajian atau hidangan berupa makanan atau bunga-bungaan dan sebagainya yang disajikan kepada orang (Makhluk) halus atau roh. Sesajen memiliki nilai sakral di sebagian besar masyarakat kita pada umumnya.
Apakah sesajen dalam agama islam di perbolehkan?
Menurut saya dalam agama islam sesajen itu merupakan dosa yang sangat besar bahkan termasuk perbuatan syirik. Misalnya ritual tolak bala yang dilakukan di laut. banyak sebagian orang-orang di sekeliling kita melakukan acara tolak bala dengan memberikan beberapa hidangan atau makanan di laut untuk mendapatkan suatu keberuntungan dan menjauhkan segala macam penyakit atau kesembuhan dari segala penyakit. Istilahnya sebagian masyarakat mengatakan ritual ini sudah dilakukan sejak nenek moyang dulu. Di lingkungan tempat saya tinggal ada beberapa dari warga sekitar mempunyai peliharaan yang diamnya di air seperti buaya , dalam hal tersebut mereka memberikan beberapa macam makanan seperti (ketan, telur ayam kampong, sebutir roko yang berbungkus dengan daun sirih) warga tersebut memberikan makanan itu supaya peliharaan tersebut tidak menganggu kehidupan mereka.
Perlu kita ketahui, bahwa permasalahan seperti di atas bukan masalah yang sederhana melainkan/menyangkut tauhid dan syrik yang berkaitan dengan status keislaman seseorang serta sebuah ancaman Allah SWT terhadap para musyrikin. Jadi perlu kita ketahui sesajen itu sangat di larang dalam agama islam.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s